Manufaktur adalah aktivitas produksi barang melalui penggunaan tenaga kerja, mesin, peralatan dan pemrosesan atau formulasi biologi dan kimia. Manufaktur dapat berarti mengubah bahan mentah menjadi barang jadi dalam skala besar, atau menciptakan barang-barang yang lebih komplek dengan hasil berupa barang-barang dasar yang dijual ke produsen untuk produksi seperti perlengkapan otomotif kendaraan, peralatan rumah tangga, dll.

Proses manufaktur berubah seiring dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukannya. Saat ini perangkat lunak manufaktur telah menjadi salah satu teknologi otomasi yang paling dapat diandalkan untuk berbagai perusahaan manufaktur di Indonesia. Sejak industry 4.0, kebutuhan akan system otomatis telah meningkat secara drastis. Perangkat lunak manufaktur telah terbukti secara signifikan meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Salah satu system yang banyak dipakai didunia industry manufaktur yaitu ERP manufaktur yang digunakan untuk mengidentifikasi dan merencanakan kebutuhan sumber daya. Dengan menggunakan sistem ERP manufaktur mampu mengintegrasikan perencanaan, penjadwalan, kualitas, pengelolaan biaya, pergerakan material dan kontrol area produksi. Solusi ini memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi, menganalisa, dan menggunakan informasi dengan lebih baik guna memenuhi sasaran biaya dan kualitas yang perusahaan inginkan.

Modul manufaktur yang kami jelaskan ini adalah bagian atau modul dari Sivensys ERP. Yang dimana didalamnya terdapat beberapa fungsi yang bisa diotomatiskan seperti beberapa menu untuk modul manufaktur sebagai berikut :

  • Product Structure : Struktur pembentuk/komponen produk tertentu atau istilah lainnya adalah Bill of Material (BoM). Product Structure tidak hanya digunakan untuk struktur barang jadi, namun bisa juga digunakan untuk barang setengah jadi, bahkan bisa juga digunakan untuk produk yang memiliki struktur lebih dari 1 level.
  • Routing / Work Center : Data rangkaian tahapan pengerjaan produksi atas suatu produk.
  • Work Order : perintah kerja untuk memproduksi dari bahan baku menjadi barang jadi atau barang setengah jadi.

Memutuskan system ERP sebagai perangkat lunak pendukung proses bisnis merupakan keputusan yang tepat, karena system ERP dirancang untuk mengotomatisasi semua proses bisnis, termasuk keuangan, manajemen karyawan dan pelanggan, pemeliharaan asset, dan banyak lagi. Pada umumnya perusahaan manufaktur besar akan membutuhkan lebih dari satu modul, karena banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi selain aktifitas dalam pabrik. System ERP Manufaktur merupakan salah satu teknologi otomasi penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia. Selain mudah diimplementasikan, perangkat lunak ini juga merupakan pilihan yang lebih terjangkau.

 

 

www.sivensys.com

PT. Siven Teknologi Informasi

Enterprise Resource Planning

ERP Indonesia, ERP Jawa Barat, ERP Bandung

Software ERP

Aplikasi Manufaktur, Software Manufacture

Software Rumah Potong Ayam

Software Penerbitan

Software Textile, Software Garment

Software Distributor, Software Trading

Mobile Application, Web Application

Software HRIS, Software HRM

ECommerce