Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) membantu perusahaan merampingkan kebutuhan akuntansi mereka melalui integrase data. Ini memberikan pandangan yang lebih baik dari semua bidang bisnis, dan memungkinkan untuk membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat yang mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan anda.

Pengembangan sistem keuangan mendorong efisiensi biaya dan meningkatkan produktivitas keuangan organisasi. Artikel ini akan membagikan beberapa manfaat yang akan perusahaan dapatkan dengan menggunakan system ERP untuk departemen akuntansi.

Mengelola kebutuhan akuntansi

Departemen akuntansi sangat penting di setiap organisasi. Ada banyak area yang bias dikelola melalui system ERP, dan berikut ini beberapa diantaranya:

  • ERP dapat digunakan untuk memperkirakan kebutuhan modal dan untuk pengelolaan kas
  • Dapat secara akurat membuat anggaran
  • Alokasi biaya untuk berbagai aktivitas seperti tenaga kerja, bahan baku, dan tranportasi
  • Manajemen pembayaran, termasuk yang dilakukan kepada vendor dan membayar upah

Kemampuan pelacakan

System ERP memberi anda kesempatan untuk menggunakannya sebagai system manajemen keuangan. Ini meningkatkan aktivitas keuangan seperti jadwal pembayaran customer, mengelola kredit, dan melacak pendapatan.

Sangat mudah untuk mengelola penagihan, pendapatan, dan pembayaran karena memiliki kemampuan pelacakan tingkat tinggi dan merupakan system otomatis. Lebih baik lagi, anda dapat menggunakan system ERP untuk melacak keuntungan yang didapatkan perusahaan, pembuatan faktur, analisis biaya, dan penganggaran.

Data dan informasi keuangan yang berkualitas

Dengan teknologi ERP, departemen akuntansi memilki akses data dengan mudah. Organisasi memiliki proses dan sumber daya yang terorganisir dengan baik, memungkinkan mereka untuk mempertahankan kestabilan keuangan dengan baik. Informasi keuangan yang aman dan memberi kesempatan untuk mencatat, mengelola, dan mengubah data secara bersama sesuai akses yang dimiliki.

Organisasi yang menggunakan system terpisah untuk kegiatan akuntansi dan penjualan membuat mereka harus mengelola data secara manual. Namun dengan system ERP yang terintegrasi dengan akuntansi transfer data akan dikelola secara otomatis. Oleh karena itu anda tidak perlu mengelola data secara manual, sehingga lebih cepat, akurat dan konsisten.

Data otomatis

Organisasi dengan system otomatis dapat mengembangkan bisnis mereka karena mereka memilki fleksibilitas untuk berkonsentrasi pada kegiatan operasioanal. System ERP memastikan bahwa akuntansi bekerja secara system yang terotomatisasi. Ini menyederhanakan operasi yang terkait dengan piutang, hutang, memperbaiki masalah arus kas, dan manajemen kas. Menjadi lebih mudah untuk mengelola seluruh organisasi dengan menghasilkan informasi.

System ERP membantu anda mengumpulkan data keuangan dari berbagai departemen untuk membuat laporan pekerjaan dan laporan keuangan. Inilah alasan mengapa system ini sangat berharga karena membuat proses lebih mudah dilakukan

Lebih sedikit kesalahan

Selalu ada kemungkinan seseorang melakukan kesalahan saat mengambil data secara manual. seperti kehilangan focus dan lupa akses masuk, ini dapat menyebabkan masalah pada akuntansi anda. Data akuntansi yang salah akan mempengaruhi kualitas analisis keuangan dan laporan keuangan. Kesalahan ini dapat berdampak buruk pada keuangan perusahaan anda termasuk perihal kebutuhan pajak.

System ERP untuk akuntansi mencegah kesalahan seperti itu terjadi karena sistemnya otomatis. Ini memberi anda informasi yang akurat tentang situasi keuangan perusahaan anda.

 

 

www.sivensys.com

PT. Siven Teknologi Informasi

Enterprise Resource Planning

ERP Indonesia, ERP Jawa Barat, ERP Bandung

Software ERP

Aplikasi Manufaktur, Software Manufacture

Software Rumah Potong Ayam

Software Penerbitan

Software Textile, Software Garment

Software Distributor, Software Trading

Mobile Application, Web Application

Software HRIS, Software HRM

ECommerce