Financial Technology adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi keuangan, sebuah industry yang mencakup segala jenis teknologi dalam layanan keuangan dari bisnis hingga konsumen. Fintech menjelaskan perusahaan manapun yang menyediakan layanan keuangan melalui perangkat lunak atau teknologi lain dan mencakup apapun mulai dari aplikasi mobile payment hingga cryptocurrency.

Secara umum, fintech menggambarkan perusahaan manapun yang menggunakan internet, perangkat seluler, teknologi perangkat lunak, atau layanan cloud untuk melakukan atau terhubung dengan layanan keuangan. Banyak produk fintech yang dirancang untuk menghubungkan keuangan konsumen dengan teknologi untuk kemudahan penggunaan, meskipun istilah ini juga berlaku untuk teknologi business to business.

 Sektor jasa keuangan biasanya tidak identic dengan kegesitan. Namun saat ini, kemampuan beradaptasi dan iterasi yang cepat adalah persis seperti yang diharapkan oleh konsumen dan pemiliki bisnis dan semakin dibutuhkan.

Fintech membantu mempercepat proses yang dulunya memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, seperti meminta laporan kredit atau mengirim transfer uang internasional. Fintech juga memiliki potensi untuk meningkatkan inklusi keuangan di beberapa bagian dunia, fintech memenuhi kebutuhan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank, dimana dukungan pemerintah atau institusional kurang.

Contoh fintech :

  1. Platform crowdfunding

Memungkinkan pengguna internet dan aplikasi untuk mengirim atau menerima uang dari orang lain di platform dan memungkinkan individu atau bisnis untuk mengumpulkan dana dari berbagai sumber ditempat yang sama. Alih-alih harus pergi ke bank tradisional untuk mendapatkan pinjaman, sekarang dimungkinkan untuk langsung menemui investor untuk mendukung proyek atau perusahaan.

  1. Mobile payments

Sepertinya setiap orang yang memiliki smart phone menggunakan beberapa jenis mobile payment. Menggunakan teknologi yang semakin canggih, telah muncul layanan yang memungkinkan konsumen untuk menukar uang dan pembayaran secara online atau diperangkat seluler

  1. Asuransi

Fintech bahkan telah mendisrupsi industry asuransi. Faktanya, Insurtech (Insurance Technology) telah mencakup segala hal mulai dari asuransi mobil hingga asuransi rumah dan perlindungan data.

  1. Budgeting apps

Salah satu pengguna Fintech yang paling umum adalah aplikasi penganggaran untuk konsumen, yang telah tumbuh secara eksponensial dalam popularitas selama bertahun-tahun

Sebelumnya konsumen harus membuat anggaran sendiri, mengumpulkan cek, atau menavigasi spreadsheet excel untuk melacak keuangan mereka. Namun setelah revolusi mendorong pengembangan aplikasi layanan keuangan, konsumen dapat dengan mudah dan efisien melacak pendapatan, pengeluaran, dan alat penganggaran lainnya yang telah merevolusi cara konsumen berpikir tentang uang mereka

 

www.sivensys.com

PT. Siven Teknologi Informasi

Enterprise Resource Planning

ERP Indonesia, ERP Jawa Barat, ERP Bandung

Software ERP

Aplikasi Manufaktur, Software Manufacture

Software Rumah Potong Ayam

Software Penerbitan

Software Textile, Software Garment

Software Distributor, Software Trading

Mobile Application, Web Application

Software HRIS, Software HRM

ECommerce