Banyak alasan yang terakumulasi untuk menunjukan sudah waktunya bagi organisasi untuk meningkatkan system ERP, semuanya berkaitan dengan penuaan teknologi atau evolusi bisnis. Pada akhirnya, system lawas mungkin tidak lagi berfungsi dengan baik. Mungkin sulit untuk mencerminkan proses bisnis baru dalam solusi atau menantang untuk mendapatkan visibilitas waktu nyata yang dibutuhkan sebagian besar perusahaan.

Alasan lain perusahaan mungkin ingin meningkatkan ERP meliputi :

  • User interface usang yang sulit digunakan atau memerluka lebih banyak langkah daripada system yang lebih baru.
  • Software tidak fleksibel yang tidak dapat mendukung cara baru yang lebih efisien
  • Tidak mungkin atau terlalu mahal untuk meningkatkan kapasitas system agar sesuai dengan pertumbuhan bisnis
  • Pelaporan dan analisis data tidak cukup cepat untuk mengikuti laju bisnis saat ini
  • Dukungan terbatas atau tidak ada untuk perangkat seluler

Pilihan antara peningkatan ERP dan penggantian penuh adalah pilihan yang berarti yang bermuara pada seberapa besar nilai bisnis yang akan dibuat oleh setiap pendekatan dan berapa biaya masing-masing bagi perusahaan. Ada kasus kuat yang harus dibuat untuk salah satu opsi tergantung pada kebutuhan bisnis dan keterbatasan perangkat lunak yang ada

Manfaat Pemutakhiran:

Biasanya, pemutakhiran tidak terlalu mengganggu daripada penggantian. Dalam situasi kasus terbaik, integrase dan penyesuaian yang telah anda buat dalam system ERP anda bertahan, pengalaman pengguna sedikit berubah, dan anda tidak perlu bermitra dengan vendor perangkat lunak baru (manfaat hanya jika anda puas dengan kualitas dan layanan dari penyedia ERP saat ini). Demikia jug ajika tim bisnis anda senag dengan system saat ini, peningkatan harus menghadirkan rintangan manajemen perubahan lebih rendah.

Kelebihan Mengganti:

Ada kemajuan teknologi besar sejak banyak perusahaan membeli system ERP terakhir mereka, dan penyedia yang berbeda mungkin telah berinovasi di area tertentu yang sangat berharga bagi perusahaan. Pindah ke platform ERP yang berbeda memungkinkan anda memanfaatkan lebih banyak peluang bisnis dan efisiensi proses daripada sekedar meningkatkan ke versi terbaru dari system saat ini. Selain itu, dalam situasi dimana merger atau akuisisi memaksa anda untuk mengoperasikan dua system lama yang terpisah. Itu bisa mengurangi kompleksitas dan meningkatkan kolaborasi antara dua unit bisnis.

 

Penyedia perangkat lunak yang ada mungkin mendorong anda untuk berpindah dari system lokalnya ke system yang berjalan di cloud. Itu mungkin tempat vendor memfokuskan investasi masa depannya, dan anda juga dapat menemukan keuntungan biaya dan manajemen dalam solusi cloud. Namu, anda harus memastikan bahwa anda sepenuhnya memahami penawaran vendor.

Jika anda memutuskan untuk tetap menggunakan system local, tinjau peta jalannya untuk memastikan bahwa system tersebut akan memenuhi kebutuhan anda dimasa mendatang.

 

www.sivensys.com

PT. Siven Teknologi Informasi

Enterprise Resource Planning

ERP Indonesia, ERP Jawa Barat, ERP Bandung

Software ERP

Aplikasi Manufaktur, Software Manufacture

Software Rumah Potong Ayam

Software Penerbitan

Software Textile, Software Garment

Software Distributor, Software Trading

Mobile Application, Web Application

Software HRIS, Software HRM

ECommerce